Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Perilaku Disiplin Belajar Peserta Didik Di MA Al-Mukhtariyah Mande

Dewi Nurul Fitria, 1901049 (2023) Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Perilaku Disiplin Belajar Peserta Didik Di MA Al-Mukhtariyah Mande. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (136kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Disiplin belajar adalah proses penanaman kepada peserta didik dalam berperilaku, bersikap, dan bertindak untuk senantiasa mematuhi dan menaati segala bentuk aturan dan tata tertib yang telah ditetapkan di sekolah. Namun, masih banyak peserta didik yang tidak mematuhi tata tertib yang berlaku di MA Al-Mukhtariyah Mande. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap perilaku disiplin belajar peserta didik di MA Al-Mukhtariyah Mande. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yaitu kuantitatif deskrisptif dan assosiatif kausal. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran akidah akhlak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku disiplin belajar peserta didik di MA Al-Mukhtariyah Mande. Hal ini dibuktikan dengan persamaan regresi regresi Y = 29,408 + 0,852X, koefisien korelasi sebesar 0,852 dan koefisien determinan sebesar 47,5%. Demikian, model pembelajaran akidah akhlak memberikan pengaruh sebesar 47,5% terhadap perilaku disiplin belajar Peserta didik di MA Al-Mukhtariyah Mande, sementara 52, 5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Diperoleh hasil Kemudian diperoleh hasil dari uji t sebesar 0,000 dengan ketentuan nilai sig < α maka 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran akidah akhlak dengan perilaku disiplin belajar peserta didik. Untuk itu, dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengaruh yang positif bagi peserta didik dalam meningkatkan kegiatan proses pembelajaran akidah akhlak dengan baik sehingga dapat meningkatkan perilaku disiplin belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Pembelajaran Akidah Akhlak, Perilaku Disiplin Belajar, Peserta Didik
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dewi Nurul Fitria
Date Deposited: 20 Nov 2023 08:22
Last Modified: 23 Mar 2024 06:34
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/711

Actions (login required)

View Item
View Item