Eris Mirawanti, 1901050 (2023) Peran Guru PAI Dalam Mengantisipasi Perilaku Perundungan (Bullying) Di SMP Negeri 01 Cipongkor Kabupaten Bandung Barat. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (155kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (265kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (330kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (149kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (462kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (47kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (217kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Berangkat dari permasalahan bullying, saat ini kasus bullying semakin marak terjadi dalam dunia pendidikan, tidak hanya terjadi pada orang dewasa tetapi juga merambah pada anak-anak. Namun, di tengah-tengah maraknya kasus bullying yang menimpa dunia pendidikan saat ini, di SMP Negeri 01 Cipongkor tidak pernah terjadi kasus bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam mengantisipasi perilaku bullying, upaya guru PAI dalam mengantisipasi perilaku bullying, faktor pendukung dan penghambat upaya guru PAI dalam mengantisipasi perilaku bullying di SMP Negeri 01 Cipongkor. Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, peran guru PAI dalam mengantisipasi perilaku bullying di SMP Negeri 01 Cipongkor yaitu, sebagai pendidik, fasilitator, teladan, motivator, pembimbing dan evaluator. Upaya yang dilakukan guru PAI dalam mengantisipasi perilaku bullying di SMP Negeri 01 Cipongkor yakni, memberikan pemahaman mengenai bullying kepada peserta didik, memaksimalkan pembelajaran, mengadakan program anti bullying, membuat kebijakan mengenai tindakan bullying, memberikan pengawasan, himbauan dan nasihat terhadap peserta didik, adanya komunikasi yang terbuka untuk pelaporan kasus bullying. Faktor pendukung upaya guru PAI dalam mengantisipasi perilaku bullying adalah lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi peserta didik, fasilitas atau sarana prasarana yang menunjang, dan adanya kerja sama yang baik diantara semua pihak. Adapun faktor penghambat upaya guru PAI dalam mengantisipasi perilaku bullying yakni, daya serap peserta didik yang berbeda-beda, keluarga yang bermasalah dan lingkungan pertemanan yang kurang baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Peran Guru, PAI, Perilaku Perundungan (Bullying) |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eris Mirawanti |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 07:19 |
Last Modified: | 23 Mar 2024 07:02 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/669 |