Alna Ashariah Yuniar, 1901005 (2023) Hubungan Antara Motif Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Bidang Studi PAI (Studi Kasus Siswa SMP Negeri 01 Cipongkor Kelas 7). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (205kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (81kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (125kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (135kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (245kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (634kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (526kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (557kB)
Abstract
Motif belajar adalah salah satu pendorong semangat aktivitas siswa dalam pembelajaran. Sehingga motif belajar yang terdapat pada siswa dapat menetukan berhasil tidaknya pembelajaran siswa tersebut. Sesuai dengan landasan permasalahan yang ada, maka latar belakang permasalahan dalam ulasan ini adalah hubungan antara motif belajar dengan hasil belajar siswa kelas 7 SMP Negeri 01 Cipongkor. tujuan dilaksanakannya penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan antara motif belajar dengan hasil belajar siswa bidang studi PAI siswa kelas 7 SMP Negeri 01 Cipongkor. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi dan teknik analisis data menggunakan korelasi product person moment. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas 7 sebanyak 55 dengan sampelnya sebanyak 48 siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa N = 48 pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai rtabel = 0,284 dan rhitung = 0,607 nilai tersebut lebih besar dari rtabel. Sehingga diperoleh nilai rhitung>rtabel, yaitu sebesar 0,607>0,284 nilai tersebut sudah signifikan. Dan nilai 0,67 tersebut ada pada kategori kuat. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, dalam pengolahan dan analisis data tersebut peneliti menggunakan aplikasi SPSS. Maka dapat dilihat bahwa keeratan antara hubungan variabel X dengan variable Y yaitu “Hubungan Antara Motif Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Bidang Studi PAI (Studi Kasus Siswa kelas 7 SMP Negeri 01 Cipongkor)” menunjukan bahwa semakin baik motif belajar siswa maka akan semakin baik pula hasil belajar yang diperoleh siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Belajar, Hasil, Motif |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Alna Ashariah Yuniar |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 07:27 |
Last Modified: | 23 Mar 2024 04:01 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/650 |