Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab

Iis Nurjanah, 1703002 (2021) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (74kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penemuan peneliti tentang hasil belajar peserta didik di kelas II MI An-Na’iim pada pelajaran bahasa arab belum mencapai KKM. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model Make A Macth, mengetahui pelaksanaan modelnya, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dilihat dari hasil belajar siswa pada pra siklus tergolong rendah dengan nilai rata-rata kelas 56.42 atau dengan persentase ketuntasan 42.85%. Kemudian diterapkan model pembelajaran Make A Match pada siklus I mencapai nilai rata-rata 69.28 dengan persentase 64.28% setelah itu masuk siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 90.71 dengan persentase ketuntasan 100%. Penerapan model pembelajaran Make A Match berjalan dengan baik, dapat dilihat dari hasil belajar yang semakin meningkat, yang dipengaruhi oleh faktor pendukung salah satunya media ajar dan keaktifan guru serta siswa dalam proses pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini bahwa penerapan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa arab di kelas II. Penelitian ini dapat direkomendasikan sebagai bahan pertimbangan bagi peneliti terutama untuk pihak sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Hasil Belajar, Bahasa Arab, Make a Match.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Reki Saputra
Date Deposited: 22 Dec 2025 04:23
Last Modified: 22 Dec 2025 04:23
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/642

Actions (login required)

View Item
View Item