Tifa Mustika Rahayu, 1901040 (2023) Penerapan Metode Demontrasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 01 Cipongkor). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (193kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (251kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (612kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (263kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (323kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (179kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (177kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (564kB)
Abstract
Metode demontrasi adalah metode yang digunakan untuk memperlihatkan suatu proses atau cara kerja suatu benda yang berkenan dengan bahan pelajaran. Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan pada siswa maupun gurunya seperti rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran PAI, kurang tepatnya guru menggunakan metode pembelajaran yang menyebabkan kurang fokusnya siswa sehingga siswa tidak bisa ikut berpartisipasi yang membuat proses pembelajaran menjadi bosan dan kurang tertariknya siswa terhadap pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran PAI, untuk mengetahui hasil penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran PAI dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran PAI. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun data yang diambil dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran PAI dan sebagian siswa bahwa penerapan metode demonstrasi sudah efektif dalam meningkatkan minat belajar dan mutu pembelajaran siswa. Siswa terlihat sangat aktif dan antusias ketika adanya demonstrasi. Karena dengan metode demonstrasi ini siswa menjadi lebih mudah memahami dengan materi yang sudah diajarkan dan terbukti setelah adanya evaluasi dengan cara praktek siswa dapat mempraktekannya dengan baik dan sesuai yang diharapkan oleh guru. Faktor pendukung dalam penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan minat belajar siswa diantaranya adanya keterlibatan dan kerja sama kepala sekolah, guru, dan siswa, adanya minat belajar siswa yang tinggi dan fasilitas yang memadai. Adapun faktor penghambat dalam penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan minat belajar siswa diantaranya kurangnya guru dalam menguasai metode demonstrasi, alokasi yang kurang dan siswa yang kurang percaya diri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Belajar, Minat, Metode demonstrasi. |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tifa Mustika Rahayu |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 07:59 |
Last Modified: | 27 Mar 2024 03:55 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/637 |