Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Adab Bersosial Media Dalam Pandangan Islam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII A Di Madrasah Tsanawiyah Al-Mukhtariyah Mande Tahun Ajaran 2022/2023

Reki Saputra, C1801104 (2023) Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Adab Bersosial Media Dalam Pandangan Islam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII A Di Madrasah Tsanawiyah Al-Mukhtariyah Mande Tahun Ajaran 2022/2023. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (125kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan : Untuk mengetahui Bagaimana hasil penerapan metode pembelajaran diskusi meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Adab Bersosial Media Dalam Pandangan Islam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII A di MTs Al-Mukhtariyah Mande. Hasil dari pengamatan dan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan pra siklu dan 3 siklus penelitian dalam setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (4) evaluasi dan (5) refleksi. Hal ini menunjukan bahwa dalam penggunaan metode Diskusi dapat menjadikan peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan pemahaman siswa. Dengan indikator siswa mampu dengan mudah memahami : Pengertian Media Sosial, Jenis-jenis Media Sosial, Dampak Media Sosial dan Adab Menggunakan Media Sosial. Dianalisis melalui analisis deskriftif kualitatif yang dilakukan pada proses pembelajaran setiap siklusnya. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari lembar observasi ketika selesainya proses pembelajaran dengan menggunakan metode Diskusi dapat dilihat bahwa setiap pertemuan mengalami peningkatan dengan hasil persentase ketuntasan klasikal dari Pra siklus, siklus I, II, dan III yang awalnya persentase ketuntasan pra siklus yaitu 46,80%, Menjadi 65,82 di siklus ke-1, 75% di siklus ke-2 dan siklus ke-3 mencapai 87,50% Dari hasil pengamatan yang dapat dilihat dari ketuntasan belajar dan pemahaman siswa setiap siklusnya yang mengalami peningkatan, dapat diartikan bahwa ketuntasan belajar telah dicapai.
Kata Kunci: Metode Diskusi, Adab Bersosisial Media, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Metode Diskusi, Adab Bersosisial Media, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Reki Saputra
Date Deposited: 17 Nov 2023 06:59
Last Modified: 26 Mar 2024 05:42
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item
View Item