Implementasi Pemanfaatan TIK Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X Di Madrasah Aliyah Darunadwah Cipongkor Kabupaten Bandung Barat

Hanhan Hana Nurhalimah, 1901011 (2023) Implementasi Pemanfaatan TIK Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X Di Madrasah Aliyah Darunadwah Cipongkor Kabupaten Bandung Barat. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (127kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penerapan TIK dalam pendidikan merupakan bentuk kontribusi yang tidak dapat dipisahkan karena dapat membantu proses belajar peserta didik agar bahan ajar yang disajikan lebih menarik. Dengan mengimplementasikan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) sebagai salah satu bentuk media pembelajaran yang tidak hanya mampu meningkatkan kreativitas, inovasi dan pemahaman peserta didik melainkan juga dapat memanfaatkan perangkat hardware ataupun software serta membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran dengan lebih efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana implementasi pemanfaatan TIK dalam pembelajaran Aqidah Akhlak kelas X, dan (2) apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi pemanfaatan TIK pada pembelajaran aqidah akhlak kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunalan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, setelah data terkumpul, dianalisis melalui proses reduksi, display data/penyajian data, dan penarikan kesimpulan/conclusion. Berdsarakan penelitian yang telah dilakukan memperoleh hasil bahwa penerapan TIK pada pembelajaran aqidah akhlak kelas X di MA Darunadwah menggunakan beberapa bentuk dari perangkat hardware seperti komputer, handphone, dan proyektor. Adapun perangkat lunak software yang digunakan yaitu internet, e-book, googleclassroom, whatsapp, dan CBT atau exam. Dalam implementasi pemanfaatannya adalah sebagai penyimpanan, pencari, dan penyebar informasi baik dalam hal persipan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran aqidah akhlak kelas X. Beberapa media seperti komputer/handpone, e-book digunakan disetiap kesempatan pembelajaran untuk membantu memudahkan penyajian materi pelajaran aqidah akhlak kelas X serta sebagai sarana komunikasi antara pendidik dan peserta didik. Faktor pendukung dalam penerapan TIK dalam pembelajaran Aqidah Akhlak yaitu ketersediaan media di madrasah sebagai dukungan dari kepala madrasah, kemampuan guru dalam mengoperasikan pemanfaatan TIK. Adapun faktor penghambatnya adalah koneksi jaringan yang kurang responsif, dan kemampuan finansial madrasah yang belum bisa menyeimbangi kekurangan fasilitas yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Akidhah Akhlak, TIK, Pembelajaran
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanhan Hana Nurhalimah
Date Deposited: 16 Nov 2023 07:18
Last Modified: 25 Mar 2024 03:59
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/590

Actions (login required)

View Item
View Item