Nur Shofi Tsania Rahmah, 1901030 (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Darul Falah 2 Cihampelas. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (170kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (202kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (302kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (387kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (532kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (242kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (67kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (815kB)
Abstract
Pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting dalam pendidikan tidak terlepas dengan suatu proses belajar mengajar. Belajar merupakan suatu upaya perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan. Dengan belajar dapat membuat seseorang meningkatkan pengetahuannya atau merubah perilakunya kearah yang lebih baik. Sedangkan kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik setelah menerima pengalaman belajarnya dapat berupa perubahan perilaku psseserta didik dari tidak tahu akan sesuatu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, objek penelitian ini mencakup peserta didik kelas VIII dengan jumlah populasi 149 peserta didik yang terdiri dari 5 kelas, dengan menggunakan Teknik pengambilan random sampling yaitu Teknik pengambilan sample dari populasi secara acak. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pada uji regresi menunjukkan bahwa nilai R = 0,344 dan koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 0,119 . hal ini menujukkan bahwa hasil belajar siswa (Y) dipengaruhi sebesar 11,9% oleh metode diskusi (X), sedangkan sisanya 88,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji hipotesis didapat nilai (Sig) sebesar 0,000 <0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode diskusi (X) dengan hasil belajar (Y) peserta didik. Untuk itu, dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengaruh yang positif bagi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar PAI.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Metode Diskusi, Hasil Belajar, PAI |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Shofi Tsania Rahmah |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 07:25 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 04:47 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/482 |