Komparasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Antara Siswa Dan Santri Boarding Dan Non-Boarding Kelas VIII Di SMP Darul Falah 2

Septy Ayu Wulandari, 1901036 (2023) Komparasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Antara Siswa Dan Santri Boarding Dan Non-Boarding Kelas VIII Di SMP Darul Falah 2. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (152kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan komponen penting untuk mengetahui sejauh mana siswa dalam menerima materi pelajaran dikelas. Dalam memahami hasil belajar terdapat dua kata yang membentuknya yaitu hasil dan belajar, namun hasil belajar setiap individu tentu berbeda beda dan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya: adanya faktor eksternal dan
internal. Lingkungan belajar juga dapat mempengaruhi hasil belajar setiap individu. Oleh karena itu diibutuhkan dorongan serta motivasi belajar dari setiap individu atau bahkan dari lingkungan agar dapat motivasi dan semangat belajar yang baik. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana perbandingan hasil belajar Santri boarding dan Siswa Non-Boarding seperti yang kita ketahui diantara keduanya memiliki gaya dan lingkungan belajar yang berbeda. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif yaitu mencari perbandingan hasil belajar dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi hasil belajar 1 semester santri dan siswa, penyebaran angket kepada responden. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan memperoleh hasil bahwa hasil belajar (Y) dipengaruhi sebesar 35,4% oleh santri Boarding(X1), sedangkan sisanya (100% - 35,4% = 64,6%). Sedangkan hasil belajar (Y) dipengaruhi sebesar 24,9% oleh siswa Non�Boarding(X2), sedangkan sisanya (100% - 24,9% = 75,1%). Dapat diartikan bahwa hasil belajar Santri dan Siswa Boarding dan Non-Boarding memiliki hasil belajar yang tidak jauh beda, hanya saja dalam penelitian saat ini hasil belajar Siswa Non Boarding lebih tinggi dari pada Santri Boarding, yang mana ini dikarenakan tingkat kefokusan dan konsentrasi santri boarding terbagi-bagi dan mereka setelah adanya penelitian dan wawancara mengatakan bahwa Santri Boarding lebih fokus pelajaran dipesantren, sehingga dikelas dia merasa sudah bisa dan mampu. Adapun hasil uji korelasi antara santri boarding (X1) dengan hasil belajar (Y) kelas VIII SMP Darul Falah 2 diperoleh nilai signifikansi atau Sig. (2-tailed) adalah 0,003 yang mana lebih kecil dari 0,05, maka dapat diartikan ada hubungan yang signifikan antara santri boarding dengan hasil belajar. Sedangkan hasil uji korelasi antara siswa non-boarding (X2) dengan hasil belajar (Y) kelas VIII SMP Darul Falah 2 diperoleh nilai signifikansi atau Sig. (2-tailed) adalah 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,05. Dapat dipahami X1 Y serta X2 Y memiliki hubungan yang signifikan diantara keduanya, walaupun selisihnya tidak jauh berbeda.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Hasil Belajar, Santri Boarding, Siswa Non-Boarding
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Septy Ayu Wulandari
Date Deposited: 15 Nov 2023 01:41
Last Modified: 27 Mar 2024 03:09
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/392

Actions (login required)

View Item
View Item