M Dharul Hikam, 1901093 (2023) Implementasi Konsep Pendidikan Akhlak Syekh Azzarnuji Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim Kepada Santri Di Pondok Pesantren Al-Ma’arif Bunijaya. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (130kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (424kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (708kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (350kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (666kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (221kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (228kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (799kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena faktor kurangnya penghayatan selama proses belajar, faktor santri itu sendiri yang membuat adanya santri selalu melanggar peraturan yang ada di pesantren serta pergaulan santri yang mengakibatkan perilaku santri terpengaruh lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi konsep pendidikan akhlak Syekh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’allim kepada santri di pondok pesantren Al-Ma’arif, proses belajar mengajar kitab Ta’limul Muta’allim kepada santri, kemudian untuk mengetahui faktor pendukung & penghambat pada implementasi konsep pendidikan akhlak dalam kitab Ta’limul Muta’allim di pondok pesantren Al-Ma’arif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis, dengan kata lain metode ini mengambil masalah atau memusatkan perhatian kepada masalah-masalah sebagaimana adanya saat penelitian dilaksanakan, hasil penelitian kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya, dapat disimpulkan bahwa 1) Implementasi konsep pendidikan akhlak Syekh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’allim kepada santri adalah menggunakan metode sorogan, bandongan, teguran dan nasihat, namun sebagian besar santri belum bisa mengimplementasikannya, 2) Proses belajar mengajar kitab Ta’limul Muta’allim kepada santri di pondok pesantren Al-Ma’arif masih menggunakan dan melestarikan tradisi salaf yakni metode sorogan dan bandongan, 3) Faktor pendukungnya adalah adanya pengurus pesantren, pembelajaran akhlak cukup memadai, dan teman sebaya/santri, faktor penghambatnya adalah tidak ada anggaran/biaya dari pondok pesantren, sarana prasarana tidak mendukung, pengaruh lingkungan masyarakat sekitar, dan belum ada peraturan tertulis dan evaluasi jangka panjang dari pengurus pesantren.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Implementasi, Pendidikan Akhlak, Ta’limul Muta’allim |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M Dharul Hikam |
Date Deposited: | 11 Nov 2023 03:17 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 05:17 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/389 |