Penggunaan Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Fiqih Di SMP Islamic Boarding School Al-Ma’arif Nurhidayah

Imam Muhamad Setiawan, 1901092 (2023) Penggunaan Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Fiqih Di SMP Islamic Boarding School Al-Ma’arif Nurhidayah. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (168kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang Penggunaan Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Fiqih di SMP Islamic Boarding School Al-Ma’arif Nurhidayah. (1) bagaimana penggunaan video tutorial pada mata pelajaran Fiqih, (2) bagaimana hasil penggunaan video tutorial sebagai media dalam pembelajaran Fiqiih dan (3) apa factor pendukung dan penghambat dalam memanfaatkan video tutorial sebagai media dalam pembelajaran fiqih. Peneliti juga disini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik yang dipakai oleh peneliti adalah pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SMP Islamic Boarding School Al-Ma’arif Nurhidayah telah menerapkan penggunaan video tutorial pada mata pelajaran Fiqih. Tahap Penggunaan Guru terlebih dahulu menyusun RPP sebelum melaksanakan proses pembelajaran. Hasil penggunaan video tutorial penggunaan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata pelajaran fiqih di kelas IX dapat meningkatkan hasil belajar. bahwa penggunaan video sebagai media pembelajaran memiliki kelebihan: 1) dapat menarik perhatian untuk priode-priode yang singkat, 2) peserta didik sebagai penonton dapat memperoleh informasi/materi dari ahli-ahli atau spesialis, 3) dapat menyajikan demontrasi yang sulit menjadi efektif. Faktor pendukung dan penghambat Faktor pendukung adalah Ketersediannya sarana dan prasarana menjadi salah satu hal yang krusial sebab media pembelajaran dalam bentuk video dan faktor penghambat ialah lingkungan belajar sebagai faktor eksternal tidak kondusif atau kurang mendukung (adanya polusi suara) jelaslah penggunaann media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata pelajaran fiqih ini dapat terhambat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Penggunaan, Media Pembelajaran, Pelajaran Fiqih
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imam Muhamad Setiawan
Date Deposited: 25 Nov 2023 05:51
Last Modified: 25 Mar 2024 04:48
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/345

Actions (login required)

View Item
View Item