Winda Handayani, 1901098 (2023) Upaya Guru PAI Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di SMAN I Gununghalu. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (91kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (143kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (313kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (166kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (294kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (86kB)
(Daftra Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (94kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Salah satu masalah yang terjadi di suatu lembaga pendidikan yaitu kenakalan siswa, hal ini yang berdampak pada perilaku peserta didik di SMAN 1 Gununghalu yang menjadikan guru PAI memiliki tanggung jawab untuk menanggulangi kenakalan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Mengetahui gambaran kenakalan siswa di SMAN 1 Gununghalu, 2. Mengetahui bagaimana upaya guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa di SMAN 1 Gununghalu 3. Mengetahui hambatan yang dihadapi guru PAI dalam menanggulangi kenakalan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penetian ini adalah guru mata pelajaran pendidikan agama Islam, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat dipahami bahwa 1. Kenakalan yang terjadi di SMAN 1 Gununghalu termasuk kenakalan biasa tidak termasuk pada kenakalan yang bersifat khusus dan tinggi seperti narkoba, seks bebas, pembunuhan dan lainnya. 2. Upaya guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa di SMAN 1 Gununghalu terdapat cara preventif (pencegahan) dan kuratif (penyembuhan), namun pada kenyataannya usaha itu masih belum efektif dalam hal mengatasi kenakalan siswa di SMAN I Gununghalu terlihat masih berlanjutnya kenakalan siswa yang terjadi 3. Hambatan yang guru PAI hadapi dalam menanggulangi kenakalan siswa adalah pertama kendala internal yaitu sedikitnya waktu bimbingan guru dan kurang terbukanya peserta didik terhadap masalah yang dihadapi. Yang kedua kendala eksternal yaitu latar belakang orang tua yang berbeda, dan kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Guru PAI, Kenakalan Siswa, Kuratif , Preventif |
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Winda Handayani |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 03:32 |
Last Modified: | 27 Mar 2024 04:09 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/297 |