Fitri Rahayu Yulianti, 1901082 (2023) Penerapan Reward Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Qur'an Hadist Materi Hukum Bacaan Mad (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII MTS Nurul Hikmah). Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (134kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (284kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (281kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (231kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (143kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (199kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ditemukan dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadis di kelas VIII MTs Nurul Hikmah, yaitu kurangnya motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur motivasi belajar siswa kelas VIII dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadis mengenai materi hukum bacaan mad di MTs Nurul Hikmah sebelum, selama, dan setelah penerapan reward. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Data dikumpulkan dengan angket, lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum menggunakan reward mencapai skor 48,15 Dan hasil belajar siswa memperoleh persentase 63,75 % hanya 8 siswa yang tuntas. Adapun selama penerapan reward Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Aktivitas guru dalam Siklus I Tindakan I mencapai 83% dan Tindakan II mencapai 92%. Sementara itu, pada Siklus II, Tindakan I mencapai 94% dan Tindakan II mencapai 97%. Aktivitas siswa pada Siklus I Tindakan I mencapai 68% dan Tindakan II mencapai 79%. Di Siklus II, Tindakan I mencapai 93% dan Tindakan II mencapai 96%. Motivasi belajar siswa setelah penerapan reward mengalami peningkatan. Pada Siklus I, mencapai skor 63,35, dan pada Siklus II, mencapai skor 71,1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan reward dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadis di MTs Nurul Hikmah berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Motivasi Belajar, Pembelajaran Al-Qur’an Hadist, Reward |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fitri Rahayu Yulianti |
Date Deposited: | 04 Nov 2023 08:30 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 03:34 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/286 |