Rahmita Indasari, 1901070 (2023) Pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII di SMP Darul Falah 2. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Dalah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (167kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (81kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (102kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (217kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (232kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (17kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (27kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sering menggunakan model pembelajaran yang konvensional salah satunya metode ceramah ini kurang melibatkan keantusiasan siswa, sehingga kebanyakan peserta didik menganggap bahwa mata pelajaran PAI ialah pelajaran yang membosankan karena pendidik menyampaikan materi menempatkan siswa sebagai objek yang pasif. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang cocok untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya ialah model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa serta untuk mendapatkan gambaran proses perkembangan strategi pembelajaran berbasis proyek. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimental Design, sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling (acak). Dalam penelitian ini pengumpulan data hasil belajar anak menggunakan teknik pretest, postest dan koesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar PAI, hasilnya diperoleh dari nilai F hitung = 0,006. Dengan tingkat signifikasi sebesar 0,937 > 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek tidak berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Model Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Project Based Learning. |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rahmat Indasari |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 02:34 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 05:39 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/277 |