Penggunaan Media Loose Parts Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Satuan PAUD Sejenis (SPS) Al-Mubtadiin Cipongkor

Yayang Siti Nurjanah, 1902007 (2023) Penggunaan Media Loose Parts Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Satuan PAUD Sejenis (SPS) Al-Mubtadiin Cipongkor. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (156kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kreativitas merupakan ekspresi seluruh kemampuan anak, berfikir kreatif melalui ide dan imaginasi akan mendorong anak untuk membuat solusi dan berusaha memecahkan suatu permasalahan sederhana. Oleh karena itu hendaknya kreativitas sudah dikembangkan sedini mungkin semenjak anak dilahirkan. Kreativitas muncul dari interaksi terhadap pengalaman pribadi yang unik dengan lingkungannya, hal itu dapat terbentuk melalui kegiatan bermakna dalam proses belajarnya. Dalam hal ini, Loose Parts hadir sebagai media pendukung yang membantu memperkaya dunia kreatif anak dalam kreativitasnya. Di SPS AL-MUBTADIIN Cipongkor sendiri media Loose Parts telah terselenggara, dan menjadi sebuah kekhasan bagi sekolah, sehingga peneliti merasa perlu menggali hal tersebut lebih jauh melalui sebuah observasi penelitian untuk mengetahui keadaan sebelum dan sesudah, proses penggunaannya, serta hal yang menjadi faktor pendukung dan penghambatnya. Adapun metode yang digunakan ialah kualitatif deskriptif, yakni penjabaran hasil analisis berupa makna ke dalam bentuk narasi agar mudah difahami, dengan partisipan berjumlah 9 orang siswa kelas B dan 2 orang guru, menggunakan teknik triangulasi data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis berdasarkan Miles dan Huberman. Adapun hasil temuan dalam penelitian menunjukkan keadaan sebelum dan sesudah menggunakan media Loose parts berubah signifikan, dimana kegiatan menjadi lebih beragam, perasaan bosan yang dialami anak berubah menjadi antusias saat belajar, kemudian dalam prosesnya penggunaan media loose parts telah sesuai tahapan maupun strategi, hanya saja perlu ada evaluasi lebih lanjut terkait perencanaan dan kemampuan guru dalam mengelola kelas. Selain itu, yang menjadi faktor pendukung dan penghambat bagi kreativitas anak adalah faktor internal dan eksternal, hal ini harus menjadi perhatian bagi guru maupun orang tua agar lebih a-ware terhadap perkembangan kreativitas pada anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Anak Usia Dini, Kreativitas, Loose Parts
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Yayang Siti Nurjanah
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:25
Last Modified: 20 Mar 2024 07:38
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/271

Actions (login required)

View Item
View Item