Implikasi Pedagogis Q.S. Ibrahim Ayat 24-25 Tentang Metode Perumpamaan Kalimah Thayyibah (Analisis Ilmu Pendidikan Islam)

Muhammad Hilman, 0701044 (2012) Implikasi Pedagogis Q.S. Ibrahim Ayat 24-25 Tentang Metode Perumpamaan Kalimah Thayyibah (Analisis Ilmu Pendidikan Islam). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihmapelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implikasi pedagogis dari Q.S. Ibrahim ayat 24–25 yang mengandung perumpamaan kalimah thayyibah sebagai metode pengajaran yang efektif dalam pendidikan Islam. Ayat tersebut menggambarkan kalimah thayyibah seperti pohon yang baik, berakar kuat dan berbuah terus-menerus, yang secara simbolik merepresentasikan nilai keimanan, keteladanan, dan keberlanjutan amal saleh. Melalui pendekatan kualitatif-deskriptif berbasis kajian tafsir tematik (maudhu’i), penelitian ini menelaah makna perumpamaan tersebut dan relevansinya dengan prinsip-prinsip pedagogi Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode perumpamaan yang digunakan dalam ayat ini mengandung nilai-nilai edukatif seperti komunikasi yang efektif, penyampaian makna abstrak melalui simbol konkret, serta penanaman nilai moral dan spiritual yang mendalam. Secara pedagogis, ayat ini memberikan inspirasi bagi guru untuk menerapkan strategi pembelajaran yang kontekstual, komunikatif, dan bermakna, sehingga nilai-nilai tauhid dan akhlak dapat tertanam kuat dalam diri peserta didik. Dengan demikian, Q.S. Ibrahim ayat 24–25 tidak hanya memiliki pesan teologis, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan metode pendidikan Islam yang humanis dan transformatif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Implikasi pedagogis, Q.S. Ibrahim 24–25, metode perumpamaan, kalimah thayyibah, pendidikan Islam.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Erlinda Nurfitri
Date Deposited: 20 Dec 2025 03:56
Last Modified: 20 Dec 2025 03:56
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/263

Actions (login required)

View Item
View Item