Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Melalui Pemberian Reward Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di KOBER Al Huda Nurul Iman

Ifa Fianah, 1902010 (2023) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Melalui Pemberian Reward Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di KOBER Al Huda Nurul Iman. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (690kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dari hasil pengamatan terhadap 10 anak - anak kelompok usia 4 – 5 tahun di KOBER Al Huda Nurul Iman yang masih menunjukan perilaku kurang disiplin, seperti membuang sampah sembarangan, melakukan kegiatan sesuai waktunya, serta merapikan barang pribadi maupun milik sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan anak serta untuk mengetahui bagaimana kedisiplinan anak setelah menggunakan pemberian reward. Desain penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research atau PTK. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1). Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kedisiplinan anak dengan menggunakan pemberian reward dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama menggunakan reward sticker bintang dan di siklus dua menggunakan reward sticker emoticon, 2). Kedisiplinan anak setelah menerapkan pemberian reward mengalami peningkatan, terbukti dari anak yang memperoleh skor BSH dan BSB pada siklus I sebesar 60% dan meningkat pada siklus II menjadi 80%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Disiplin, PTK, Reward
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ifa Fianah
Date Deposited: 30 Oct 2023 03:26
Last Modified: 20 Mar 2024 03:57
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/256

Actions (login required)

View Item
View Item