Gina Wasilah, 1901009 (2023) Penerapan Metode Tahsin Dalam Meningkatkan Kompetisi Membaca Dan Menghafal Al-Quran Di MTs Salafiyah Kota Bandung. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (129kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (148kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (230kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (201kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (454kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (75kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (144kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang belum lancar dalam membaca juga menghafal Al-Qur’an, khususnya dalam mengetahui cara membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an. Pelajaran yang mendukung tercapainya program ini yakni dengan menerapkan metode tahsin, karena dengan diterapkannya metode tahsin dapat membantu serta mempermudah siswa dalam mempelajari ilmu Al-Qur’an. Pada metode tahsin yang digunakan yakni mempelajari bagaiman tatacara membaca Al-Qur’an dengan baik dan sesuai dengan yang diajarkan Rasulullah Saw. Penelitian ini menggunakan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif, dapat dikatakan bahwa penelitian mengutamakan analisis deskriptif dari suatu peristiwa atau proses seperti yang terjadi di lingkungan atau alam untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang sifat dari proses tersebut, dengan menggunakan metode tersebut dapat mempermudah peneliti dalam menemukan suatu temuan diantaranya metode tahsin, hasil dari penerapan metode tahsin serta faktor pendukung dan penghambat mengenai metode tahsin. Dapat disimpulkan bahwa 1) Penerapan metode tahsin sudah cukup efesien dalam menerapkan pembelajarannya penerapannya dengan menggunakan tigatahapan , diantaranya tahapan iqra, tahapan ummi dan tahapan talaqqi, 2) Hasil penerapan metode tahsin dapat meningkatkan hasil kompetensi siswa dalam membaca juga menghafal Al-Qur’an, 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode tahsin diantaranya faktor dari guru pengampu, faktor dari siswa dan faktor dari orangtua.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Membaca dan Menghafal Al-Qur’an, Metode Tahsin, Penerapan |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Gina Wasilah |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 07:46 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 03:40 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/246 |