Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Fiqih Kelas III Di MIS Az-Zahra Selacau Batujajar

Silvi Setya Oktaviany, 1803020 (2022) Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Fiqih Kelas III Di MIS Az-Zahra Selacau Batujajar. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (338kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan media video pembelajaran dengan materi pokok shalat tarawih. Metode penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research atau (PTK) penelitian tindakan kelas yaitu merupakan penelitian berupa tindakan yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas. Dengan teknik analisa data menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pasrtisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III-C di MIS Az-Zahra Selacau Batujajar. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dengan materi pokok shalat tarawih kelas III-C pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 81,8% dengan rata-rata nilai 75,4 serta 68,7% untuk pencapaian praktik gerakan shalat dan 70% untuk praktik bacaan shalat. Kemudian pada siklus II persentase ketuntasannya meningkat sebesar 100% dengan rata-rata nilai 92,2. Begitu juga dengan pencapaian praktik gerakan shalat yakni 93,7% dan 95% untuk praktik bacaan shalat. Dengan demikian nilai tersebut sudah memenuhi KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas III di MIS Az-Zahra Selacau Batujajar. Penggunaan media video ini diharapkan dapat dijadikan alternatif baru oleh guru pada saat proses pembelajaran dengan tujuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Media Video Pembelajaran, Hasil Belajar, Fiqih
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Silvi Setya Oktaviany
Date Deposited: 05 Oct 2023 04:46
Last Modified: 15 Mar 2024 06:55
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/218

Actions (login required)

View Item
View Item