Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas II MI Sirna Galih

Siti Hasanah, 1803022 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas II MI Sirna Galih. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (880kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (968kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi dan semangat belajar siswa kelas II MI Sirna Galih sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Berdasarkan pra survei dan wawancara,ternyata guru belum menggunakan model pembelajaran yang variatif karena terbatasnya media, sarana, prasarana, dan waktu pembelajaran. Hal ini mengakibatkan siswa mengobrol selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak dengan menerapkan model pembelajaran make a match. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus memiliki tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian untuk teknik analisis data dengan analisis data observasi dan analisis data hasil tes. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MI Sirna Galih.Hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak dengan materi pokok adab makan dan minum kelas II MI Sirna Galih pada siklus I menunjukan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 62,5% dengan rata-rata nilai sebesar 85. Kemudian pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 81,25% dan rata-rata nilai sebesar 92,5. Dengan demikian nilai tersebut sudah memenuhi KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MI Sirna Galih. Penerapan model pembelajaran make a match, diharapkan dapat dijadikan sebagai alternatif baru pada saat proses pembelajaran, dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta memperbaiki mutu pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Make a Match
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Hasanah
Date Deposited: 05 Oct 2023 05:01
Last Modified: 15 Mar 2024 07:02
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item
View Item