Implementasi Metode Mind Mapping Pada Materi Pembelajaran Fikih Di MTs. Syarif Hidayatulloh

Dhia Islamiyati Istiqomah, A1801007 (2022) Implementasi Metode Mind Mapping Pada Materi Pembelajaran Fikih Di MTs. Syarif Hidayatulloh. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (314kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)

Abstract

Penelitian ini berisi tentang implementasi metode mind mapping pada materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode mind mapping pada materi pembelajaran fikih di MTs. Syarif Hidayatulloh, beserta pemahaman siswa juga faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode mind mapping pada materi pembelajaran fikih. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang berusaha mendeskripsikan segala kejadian, gejala serta peristiwa yang terjadi selama penelitian. Dengan data yang diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi/gabungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode mind mappping pada materi pembelajaran fikih berhasil diterapkan di kelas VII, VIII, dan IX. Hal ini dikarenakan kemampuan guru dan pengetahuan guru terhadap metode mind mapping sudah mumpuni. Sehingga menghasilkan pemahaman yang baik pula kepada siswa-siswinya. Pemahaman ini diperoleh dari kemampuannya mengikuti pembelajaran, menjawab pertanyaan serta mengerjakan ulangan dengan nilai yang baik. Adapun faktor pendukung dari tercapainya implementasi metode mind mapping selain dari kemampuan guru ialah tersedianya buku sumber serta fasilitas internet yang memadai. Sedangkan faktor yang menghambatnya ialah kurang tersedianya media dalam pembuatan metode mind mapping, dan kepribadian siswa yang berbeda-beda sehingga akan berpengaruh kepada emosi dan sikapnya selama mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Metode Mind Mapping, Fikih, Pemahaman
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dhia Islamiyati Istiqomah
Date Deposited: 02 Oct 2023 02:57
Last Modified: 16 Mar 2024 06:50
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/206

Actions (login required)

View Item
View Item