Muhammad Ajam Hapinudin, 1901024 (2023) Pengaruh Metode Drill Terhadap Kemampuan Membaca Alquran Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 01 Cipongkor. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (82kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (409kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (631kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (773kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (827kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (302kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (195kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Rendahnya tingkat kemampuan membaca Alquran siswa kelas VIII di Smp Negeri 1 Cipongkor, dalam hal ini upaya untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dibutuhkan pemilihan metode yang tepat seperti metode drill merupakan metode yang dapat meningkatkan siswa dalam mengasah kemampuan membaca Alquran Siswa kelas VIII di Smp Negeri 1 Cipongkor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman penggunaan metode drill pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Smp Negeri 1 Cipongkor, kemampuan membaca Alquran siswa VIII pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta pengaruh metode drill terhadap kemampuan membaca Alquran pada pembelajaran pendidikan agama islam di Smp Negeri 1 Cipongkor. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimental berbentuk pre ekperimental design one group pretest-posttest. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil analisa dalam penelitian ini memiliki nilai sig 0,119 artinya terdapat peningkatan yang signifikan sedangkan nilai koefisien regresi bersifat positif yaitu Y = 93.224 + 400x. Simpulan dalam penelitian ini adalah metode drill dapat memberikan pengaruh sebesar 20.9 % terhadap kemampuan membaca Alquran. Selain hanya metode dalam penelitian ini terdapat faktor-faktor lain yang dapat mendukung dalam berhasilnya penerapan metode. Begitu pun dengan penerapan metode drill, diantaranya motivasi belajar siswa dan minat siswa serta kecakapan guru dalam menerapkan metode ini. Yang akan memberikan potensi serta peningkatan dalam kemampuan membaca Alquran siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Metode drill, Kemampuan Membaca Alquran, PAI |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Ajam Hapinudin |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 07:04 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 05:52 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/205 |