Asep Nurdin, A1801005 (2022) Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Upaya Mendidik Kedisiplinan Siswa Di MTs Al Mahmudiyah Cililin. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (301kB)
Bab 1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (376kB)
Bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (358kB)
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (38kB)
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (168kB)
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (8kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (224kB)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang bagaimana implementasi pembelajaran akidah akhlak sebagai upaya mendidik kedisiplinan siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Mahmudiyah Citiis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain studi kasus, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran akidah akhlak sebagai upaya mendidik kedisiplinan siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Mahmudiyah Citiis. belum sepenuhnya berjalan sempurna, karena penggunaan strategi dan metode pembelajaran kurang bervariasi dalam proses pembelajaran. Kemudian kendala-kendala guru dalam mengimplementasikan pembelajaran akidah akhlak sebagai upaya mendidik kedisiplinan siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Mahmudiyah Citiis adalah kurangnya fasilitas buku, kurangnya peningkatan kualitas guru akidah akhlak, jumlah kelas dan jam yang terlalu banyak, dan kurang tegaknya aturan-aturan mengenai kedisiplinan di lingkungan madrasah. Maka dari itu berbagai upaya yang dilakukan guru akidah akhlak dalam mengimplementasikan pembelajaran akidah akhlak sebagai upaya mendidik kedisiplinan siswa adalah adanya perencanaan pembelajaran yang matang, memberikan motivasi dan nasihat kepada siswa, serta teguran langsung ketika ada siswa yang mengganggu proses pembelajaran di dalam kelas. Hal ini dilakukan agar kedisiplinan tetap terlaksana di dalam kelas selama proses pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Kedisiplinan, Akidah Akhlak, Pembelajaran, Implementasi |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asep Nurdin |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 08:06 |
Last Modified: | 16 Mar 2024 02:23 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/194 |