Sopiah, 1803024 (2022) Strategi Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak (Penelitian Pada Siswa Kelas V Di Mi Tembongsari Cihampelas). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (395kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (290kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (819kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (116kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (475kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (103kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (89kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas hasil pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan media gambar pada pembelajaran akidah akhlak di kelas V MI Tembongsari Cihampelas dan untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambati pada proses pembelajarannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yaitu penelitian tindakan yang dilakukan secara bersiklus dan mempunyai prosedur tersendiri dalam penelitian tindakan siklusnya diantaranya perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah semua kelas V di MI Tembongsari Cihampelas yang hadir di kelas. Temuan dari penelitian ini yaitu: 1) Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran akidah akhlak MI Tembongsari Cihampelas. 2) Efektivitas pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas V MI Tembongsari Cihampelas mendapatkan kategori baik, didapat dari hasil tes tertulis dan observasi yang dilakukan dua siklus. 3) Tes awal mendapatkan persentase ketuntasan sebanyak 56% kemudian menurun pada siklus I mendapatkan persentase ketuntasan sebanyak 41%. Setelah itu kembali meningkat pada siklus II dengan perolehan persentase ketuntasan sebanyak 69%. 4) Meningkatkan efektivitas pembelajaran dari tes awal sampai siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini supaya dapat efektif penggunaan media gambar pada pembelajaran, maka materi yang digunakan tidak harus sama setiap harinya karena dapat membuat peserta didik menjadi jenuh sehingga pembelajaran dengan menggunakan media gambar menjadi kurang efektif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Efektivitas Pembelajaran, Media Gambar, Media Pembelajaran |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sopiah Sopiah |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 04:51 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 07:05 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/185 |