Implementasi Metode Al-Qosimi Pada Program Tahfidz Di RA Assalafiyyah

Desi Utary Maharani Putri, 1802002 (2022) Implementasi Metode Al-Qosimi Pada Program Tahfidz Di RA Assalafiyyah. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (176kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perencanaan pada program tahfidz sangat penting dilakukan untuk keberhasilan suatu program, metode yang dipilih merupakan salah satu keberhasilan agar materi atau hafalan yang diberikan dapat dipahami dan menyenangkan bagi anak usia dini. Metode yang digunakan RA Assalafiyyah pada program tahfidz ialah metode Al-Qosimi, dengan metode ini siswa dengan antusias dalam menerima materi. Dengan kekhasan Implementasi Metode Al-Qosimi pada Program Tahfidz di RA Assalafiyyah menjadi keunggulan yang dimiliki Sekolah dan daya tarik masyarakat untuk anak-anak dapat Sekolah di RA Assalafiyyah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana implementasi, faktor penghambat dan pendukung serta evaluasi pada Implementasi Metode Al-Qosimi pada Program Tahfidz di RA Assalafiyyah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada skripsi ini menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif Miles Huberman. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan Implementasi Metode Al-Qosimi pada Proram Tahfidz di RA Assalafiyyah, tahun pembelajaran 2021-2022 pada semeter 1 dapat menghafalkan Q.S An-Naba dan Q.S AnNaziat dan pada semester 2 dapat menghafalkan 10 ayat pertama Q.S Al-Kahfi dan Q.S ‘Abasa. Faktor penghambat yaitu anak tidak tepat waktu, jarang masuk, jarang muroja’ah, kurangnya SDM sebagai tutor, kurangnya kerjasama orang tua dalam membimbing di rumah, kemunduran dari surat yang dihafal dan guru belum seragam dalam nada serta faktor pendukung yaitu tempat yang nyaman dan kerjasama bagi orang tua yang rajin muroja’ah di rumah. Evaluasi terhadap penghambat tersebut ialah mendatangkan penemu Metode Al-Qosimi langsung dan memperbaiki dokumen pada program tahfidz dan pendekatan kepada orang tua.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Metode Al-Qosimi, Program Tahfidz, Metode
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Desi Utary Maharani Putri
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:21
Last Modified: 14 Mar 2024 02:50
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item
View Item