Analisis Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS (Studi Kasus Pembelajaran Di Kelas IV SDN Girimukti)

Ainun Naziyah, P2203018 (2025) Analisis Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS (Studi Kasus Pembelajaran Di Kelas IV SDN Girimukti). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (142kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SDN Girimukti. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh penggunaan metode konvensional yang belum sepenuhnya mengaitkan materi dengan konteks kehidupan nyata. Pendekatan CTL diyakini mampu mengatasi hal tersebut melalui pendekatan yang menekankan keterkaitan antara materi pelajaran dengan dunia nyata peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru kelas IV dan 30 siswa di SDN Girimukti. Fokus penelitian diarahkan pada tiga aspek utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendekatan CTL dalam pembelajaran IPAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CTL telah diterapkan tetapi belum sepenuhnya terdokumentasi dalam RPP. Guru secara aktif mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa melalui diskusi kelompok, tugas berbasis proyek, dan praktik langsung. Penerapan CTL mendorong siswa untuk lebih aktif, berpikir kritis, serta menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif yang signifikan. Evaluasi dilakukan melalui penilaian autentik seperti observasi kegiatan, proyek, dan refleksi belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan CTL dapat menjadi alternatif pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS, khususnya pada ranah kognitif. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi guru dan lembaga pendidikan dalam merancang pembelajaran yang lebih kontekstual, interaktif, dan bermakna bagi peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar, IPAS
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: AINUN NAZIYAH
Date Deposited: 17 Dec 2025 02:52
Last Modified: 17 Dec 2025 02:52
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1643

Actions (login required)

View Item
View Item