Rosanah Nurosidah, 2103014 (2024) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Siswa Kelas 1 MI Muslimin Sindangkerta Melalui Media Kartu Kata. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (57kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (51kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (72kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (72kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (51kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (17kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (13kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (331kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan permasalahan yang terdapat pada siswa kelas I di MI Muslimin Sindangkerta, Kemampuan membaca permulaan siswa kelas I belum optimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah konsep pembelajaran yang kurang menarik karena guru kurang tepat dalam memilih dan menerapkan metode membaca yang efektif. Media yang digunakan juga belum bervariasi. Selama ini guru hanya menggunakan metode mengeja dan kartu huruf sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MI Muslimin Sindangkerta dengan menggunakan media kartu kata.. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, yaitu (1) siklus I tema lingkungan, pembelajaran membaca menggunakan media kartu kata, dan pembelajaran dilaksanakan secara klasikal. (2) siklus II tema budi pekerti, pembelajaran membaca menggunakan media kartu kata dengan pembelajaran dilaksanakan dengan pengorganisasian siswa dalam kelompok kecil (teman sebangku). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I MI Muslimin Sindangkerta dengan jumlah siswa 33 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penggunaan media kartu kata terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MI Muslimin Sindangkerta . Penggunaan media kartu kata yang didukung media pembelajaran yang relevan juga berdampak pada peningkatan aktivitas dan kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran. Saran pada penelitian ini adalah guru hendaknya pandai memilih metode yang tepat dan efektif dalam melaksanakan pembelajaran membaca permulaan. Guru hendaknya menggunakan media kartu kata karena dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Keywords / Katakunci: | Strategi Guru, Motivasi Membaca, Media Kartu Kata. |
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
| Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Naila Haura Muntazah |
| Date Deposited: | 13 Dec 2025 15:43 |
| Last Modified: | 13 Dec 2025 15:43 |
| URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1641 |

