Dampak Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Akhlak Sosial Siswa Kelas V di SD Negeri Saapan

Siti Nafisah, P2203026 (2022) Dampak Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Akhlak Sosial Siswa Kelas V di SD Negeri Saapan. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (116kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)

Abstract

Perkembangan media sosial yang semakin pesat, khususnya aplikasi TikTok, memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kehidupan siswa sekolah dasar. TikTok sebagai platform berbagi video singkat memungkinkan siswa mengekspresikan diri melalui berbagai konten kreatif. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri, memperluas wawasan, serta membantu siswa mengembangkan keterampilan dalam berkomunikasi dan berkreasi sesuai minat mereka. Namun, penggunaan yang tidak terkontrol juga menimbulkan dampak negatif yang perlu diperhatikan. Beberapa siswa menunjukkan kecenderungan meniru perilaku yang kurang sopan, menurunnya empati, serta munculnya sikap individualis yang bertentangan dengan nilai moral dan budaya setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penggunaan TikTok terhadap akhlak sosial siswa kelas V di SD Negeri Saapan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak positif maupun negatif TikTok sangat dipengaruhi oleh frekuensi penggunaan, jenis konten yang ditonton, serta peran pengawasan orang tua dan guru. Dengan demikian, penggunaan TikTok tidak dapat dipisahkan dari kehidupan siswa pada era digital saat ini. Namun, pendampingan dan bimbingan yang tepat sangat diperlukan agar siswa mampu memanfaatkan media sosial secara positif tanpa mengabaikan pembentukan akhlak sosial yang menjadi bagian penting dari perkembangan karakter mereka.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: dampak, postif, negative, TikTok, akhlak sosial,
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Nafisah
Date Deposited: 09 Dec 2025 06:15
Last Modified: 09 Dec 2025 06:15
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1635

Actions (login required)

View Item
View Item