Pengaruh Metode Game-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Yeni Nuraprilianti, 2203001 (2025) Pengaruh Metode Game-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (179kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Kurangnya minat belajar serta metode pembelajaran yang monoton menjadi salah satu penyebab utama. Penelitian ini menjadi salah satu penyebab utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Game-Based Learning berbasis Wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 3 di SDS Sumur Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi esperiment). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes berupa soal pretest dan posttest kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas dan uji Independent Sample T-Test menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen secara signifikan. Rata-rata nilai pretest siswa kelas eksperimen adalah 53,81 meningkat menjadi 84,52 pada posttest, sedangkan kelas kontrol mengalami peningkatan dari 60,00 menjadi 77,14. Uji Independent Sample T-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,012 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode Game-Based Learning berbasis Wordwall efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pendekatan ini mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, interaktif, dan meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Game-Based Learning, Wordwall, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: YENI NURAPRILIANTI
Date Deposited: 08 Dec 2025 01:20
Last Modified: 08 Dec 2025 01:21
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1633

Actions (login required)

View Item
View Item