Analisis Penggunaan Kartu Domino Dalam Mendukung Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas II MI Wangun

Sayid Akil Sirajudin, 2203013 (2025) Analisis Penggunaan Kartu Domino Dalam Mendukung Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas II MI Wangun. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (222kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan kartu domino sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, khususnya materi perkalian, di kelas II MI Wangun. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya partisipasi dan antusiasme siswa dalam pembelajaran Matematika, yang cenderung bersifat abstrak dan kurang menarik bagi siswa usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung di kelas, wawancara mendalam dengan guru, kepala sekolah, dan beberapa siswa, serta dokumentasi berupa RPP, hasil evaluasi, dan foto kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media kartu domino secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa, suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif, serta mendorong pemahaman konsep secara lebih mendalam. Aktivitas bermain sambil belajar mendorong siswa untuk berpikir kritis, bekerja sama, dan menunjukkan antusiasme tinggi terhadap materi yang dipelajari. Guru juga melaporkan bahwa penggunaan media ini membantu menciptakan interaksi kelas yang lebih dinamis dan fokus belajar siswa menjadi lebih optimal. Secara teoritis, penelitian ini memperkuat pentingnya penggunaan media pembelajaran kontekstual dalam pendidikan dasar. Secara praktis, penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pendidik untuk menciptakan strategi pembelajaran yang kreatif, menyenangkan, dan berbasis partisipasi aktif siswa. Kartu domino terbukti menjadi alternatif media yang efektif dalam meningkatkan minat belajar Matematika di tingkat Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: kartu domino, minat belajar, pembelajaran matematika, media pembelajaran, pendidikan madrasah ibtidaiyah.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sayid Akil Sirajudin
Date Deposited: 06 Dec 2025 03:11
Last Modified: 06 Dec 2025 03:11
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1632

Actions (login required)

View Item
View Item