Nurafiah, P2203037 (2025) Analisis Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab (Penelitian di Sekolah Dasar Alam Qurani). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (138kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (110kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (316kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (184kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (101kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (142kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (951kB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Bahasa Arab” yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran Bahasa Arab serta mengetahui Upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap siswa kelas III di Sekolah Dasar Alam Qurani. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran Bahasa Arab didominasi oleh motivasi ekstrinsik, yaitu dorongan dari luar diri siswa seperti keinginan memperoleh nilai baik, serta pengaruh dari guru dan lingkungan sekolah. Dengan demikian hasil penelitian menemukan bahwa terdapat dua jenis faktor yang memengaruhi motivasi belajar siswa, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal mencakup minat siswa terhadap pelajaran dan kondisi fisik mereka saat belajar. Sementara itu, faktor eksternal meliputi dukungan keluarga, sistem pembelajaran yang diterapkan, kualitas guru dalam mengajar, serta ketersediaan fasilitas belajar. Adapun upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa yaitu dengan mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, memberikan penguatan positif, menjalin hubungan yang baik dengan siswa dan memberikan tantangan ringan. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya menggunakan metode pembelajaran yang variatif dan menarik serta merancang dan menerapkan strategi pembelajaran yang mampu menumbuhkan motivasi intrinsik siswa terhadap pembelajaran Bahasa Arab.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Keywords / Katakunci: | Motivasi, Guru, Pembelajaran Bahasa Arab |
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
| Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Nurafiah Nurafiah |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 03:36 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 03:36 |
| URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1628 |

