Implementasi Program Tahfidzul Quran Dalam Membentuk Karakter Qurani Pada Siswa SD Alam Qurani

Shonia Kamaliya Nurlismaya, 2203035 (2025) Implementasi Program Tahfidzul Quran Dalam Membentuk Karakter Qurani Pada Siswa SD Alam Qurani. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (126kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (946kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Program Tahfidzul Quran dalam membentuk karakter Qurani pada siswa SD Alam Qurani, menganalisis dampaknya terhadap pembentukan karakter Qurani siswa, serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada adanya kendala seperti keterbatasan variasi metode pembelajaran dan kurangnya dukungan serta motivasi dari lingkungan siswa yang mempengaruhi keberhasilan program. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan angket terbuka, sedangkan analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Tahfidzul Quran telah menjadi kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler sejak 2019, dengan target hafalan 3 juz selama enam tahun masa belajar, menggunakan metode talaqqi, tikrar, muraja’ah, sima’i, dan kitabah. Program ini berdampak positif dalam membentuk karakter Qurani siswa, meliputi cinta Al-Quran, disiplin, istiqamah, jujur, tanggung jawab, rendah hati, sabar, ikhlas, amanah, sopan santun, tawakal, dan keyakinan terhadap pertolongan Allah, yang tercermin dalam sifat shidiq, amanah, tabligh, dan fathanah. Kendala pelaksanaan meliputi keterbatasan dari pengajar, fasilitas, dan dukungan wali murid.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Implementasi, Tahfidzul Quran, Karakter Qurani, Siswa SD Alam Qurani
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shonia Kamaliya Nurlismaya
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:56
Last Modified: 04 Dec 2025 02:56
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1626

Actions (login required)

View Item
View Item