Nurindah Saputri, 2101030 (2025) Pengaruh Peran Serta Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 01 Cihampelas. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (169kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (75kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (196kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (198kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (61kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (107kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena menurunnya hasil belajar sebagian siswa yang aktif dalam kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Meskipun OSIS bertujuan membentuk kepemimpinan dan kedisiplinan siswa, dalam praktiknya keterlibatan aktif dalam organisasi kerap mengganggu konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peran serta OSIS terhadap hasil belajar PAI, menganalisis besarnya pengaruhnya, serta mengevaluasi kontribusi partisipasi organisasi terhadap pencapaian akademik siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksplanatori. Sampel berjumlah 35 siswa pengurus OSIS di SMPN 01 Cihampelas, yang ditentukan melalui rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan analisis dilakukan dengan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara peran serta dalam OSIS terhadap hasil belajar PAI. Nilai koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa variabel peran serta OSIS mampu menjelaskan variasi hasil belajar siswa sebesar 24,7%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa keterlibatan dalam OSIS, jika disertai dengan manajemen waktu yang baik, dapat menjadi faktor pendorong peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Keywords / Katakunci: | Peran Serta OSIS, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Regresi Linear Sederhana |
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
| Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Nurindah Saputri |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 08:42 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 08:42 |
| URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1625 |

