Pengaruh Metode Qiro’ati Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Sirojul Mu’minin Cililin

Siti Sofi Hanafiah, C1801110 (2025) Pengaruh Metode Qiro’ati Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Sirojul Mu’minin Cililin. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (144kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan membaca Al-Qur’an merupakan aspek fundamental dalam pendidikan Islam, namun masih banyak santri yang mengalami kesulitan meskipun telah belajar bertahun-tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh metode Qiro’ati terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri MDT Sirojul Mu’minin Cililin. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh santri MDT, dengan sampel sebanyak 30 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket yang diuji validitas serta reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Qiro’ati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,515 yang berarti 51,5% variasi kemampuan membaca Al-Qur’an dapat dijelaskan oleh metode Qiro’ati, sedangkan 48,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Qiro’ati terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an santri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Kemampuan membaca Al-Qur’an, Metode Qiro’ati, Santri
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sofi Hanafiah
Date Deposited: 28 Nov 2025 07:44
Last Modified: 28 Nov 2025 07:44
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1618

Actions (login required)

View Item
View Item