Studi Analisis Metode Diferensiasi Dalam Pembelajaran PAI Kelas 4 di SD Alam Qurani

Muhamad Ilyas, P2203034 (2025) Studi Analisis Metode Diferensiasi Dalam Pembelajaran PAI Kelas 4 di SD Alam Qurani. S1 Skripsi, Sekolah tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (151kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode diferensiasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas 4 di SD Alam Qurani, Desa Sukamulya, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung, dengan fokus pada materi Sholat Jumat. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menelaah secara mendalam aspek perencanaan, pelaksanaan, serta faktor pendukung dan penghambat penerapan metode diferensiasi oleh guru PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dilakukan secara sistematis berdasarkan asesmen diagnostik, profil belajar, kesiapan, dan minat siswa. Guru merancang kegiatan pembelajaran yang adaptif melalui variasi konten, proses, dan produk pembelajaran. Dalam pelaksanaannya, digunakan strategi seperti pemilihan tugas berbasis minat, pengelompokan fleksibel, dan pendekatan partisipatif yang memfasilitasi keterlibatan aktif siswa. Pada materi Sholat Jumat, aktivitas pembelajaran dirancang selaras dengan kecerdasan majemuk siswa, misalnya melalui simulasi khutbah, penulisan jurnal reflektif, serta visualisasi tata cara ibadah Jumat. Faktor pendukung meliputi lingkungan belajar yang kondusif, jumlah siswa yang relatif kecil, dan kolaborasi antar-guru. Sebaliknya, keterbatasan waktu, sarana pembelajaran yang belum memadai, serta kesiapan siswa dalam pembelajaran mandiri menjadi hambatan utama. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan metode diferensiasi yang konsisten dan reflektif, dengan dukungan sistem sekolah yang adaptif, dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PAI secara kontekstual dan memperkuat pemahaman spiritual siswa terhadap makna ibadah Sholat Jumat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Kata Kunci: PAI, Diferensiasi, SD
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhamad Ilyas
Date Deposited: 01 Dec 2025 06:32
Last Modified: 01 Dec 2025 06:32
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1617

Actions (login required)

View Item
View Item