Siti Rodiyah, 2101040 (2025) Analisis Program Sekolah Berbasis Nilai Islam Di MAN Kota Cimahi Dengan Menggunakan Model CIPP. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (110kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (110kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (248kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (124kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (604kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (63kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (103kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (802kB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya integrasi nilai-nilai Islam dalam dunia pendidikan sebagai upaya membentuk karakter peserta didik yang berlandaskan kedisiplinan, kejujuran, dan kepedulian sosial di MAN Kota Cimahi dari program sekolah serta mengevaluasi efektivitas dalam proses pelaksanaan nilai-nilai tersebut dengan menggunakan model CIPP. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus di MAN Kota Cimahi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi di lingkungan sekolah, wawancara mendalam dengan guru dan peserta didik, dan analisis dokumentasi program sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 9 program sekolah berbasis nilai islam yang sudah terlaksana kurang lebih selama 16 tahun yakni dari tahun 2009 hingga saat ini. Integrasi nilai-nilai islam dalam program sekolah dapat memperkuat karakter peserta didik, terutama dalam hal kedisiplinan, kejujuran, dan kepedulian sosial. Selain itu, kegiatan program sekolah berbasis nilai islam turut berperan dalam pembentukan moral dan perilaku positif peserta didik. Namun, tantangan masih ditemui dalam konsistensi penerapan pada saat pelaksanaan program dan peran serta semua elemen sekolah, termasuk kurangnya keterlibatan dari lingkungan keluarga. Penelitian ini menegaskan pentingnya kolaborasi yang erat antara guru, siswa, dan orang tua serta pengelola sekolah dalam mendukung internalisasi nilai-nilai islam secara optimal di sekolah. Faktor pendukung keberhasilan program diantaranya: 1) komitmen kuat sekolah dan guru dalam menjalankan program secara konsisten, 2) lingkungan sekolah yang kondusif, seperti adanya komunitas keagamaan, ekstrakulikuler islami, dan teladan dari seluruh warga sekolah, dan 3) dukungan aktif dari orang tua dan lingkungan keluarga untuk internalisasi nilai. Dengan demikian, implementasi program sekolah berbasis nilai islam dapat lebih efektif dalam membentuk karakter siswa dan memberikan kontribusi positif terhadap kualitas pendidikan di MAN Kota Cimahi.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Keywords / Katakunci: | Program sekolah, Nilai-nilai islam, Implementasi nilai islam, internalisasi nilai. |
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
| Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Siti Rodiyah |
| Date Deposited: | 29 Nov 2025 07:05 |
| Last Modified: | 29 Nov 2025 07:05 |
| URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1612 |

