Nugraha Jazuli, 2101029 (2025) Pengaruh Internalisasi Nilai-Nilai Islam Melalui Pembelajaran PAI Terhadap Resiliensi Akademik Siswa MTs Nurul Falah Cililin. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (126kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (154kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (360kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (276kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (281kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (69kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (178kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya ketahanan akademik (resiliensi akademik) bagipeserta didik dalam menghadapi tantangan belajar, serta peran sentral internalisasi nilai-nilaiIslam yang diperoleh melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Internalisasi nilaikeislaman diyakini dapat memperkuat karakter peserta didik dalam merespons tekananakademik secara positif dan konstruktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:(1) bagaimana internalisasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran PAI, (2) seberapa besarpengaruh internalisasi nilai-nilai Islam terhadap resiliensi akademik peserta didik, dan (3)kontribusi internalisasi nilai-nilai Islam terhadap pembentukan resiliensi akademik pesertadidik di MTs Nurul Falah Cililin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif denganmetode eksplanatori. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepadapeserta didik kelas VIII dan IX. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhanauntuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai Islam memiliki pengaruh yang signifikan danpositif terhadap resiliensi akademik peserta didik. Nilai signifikansi dalam uji regresi adalah0,000 (< 0,05), dengan koefisien determinasi sebesar 0,652, yang berarti bahwa internalisasinilai-nilai Islam berkontribusi sebesar 65,2% terhadap resiliensi akademik. Simpulan daripenelitian ini adalah bahwa pembelajaran PAI yang menginternalisasikan nilai-nilai Islamsecara efektif mampu memperkuat ketahanan mental akademik peserta didik, seperti sikapsabar, tangguh, dan bertanggung jawab dalam menghadapi tantangan belajar.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Keywords / Katakunci: | Internalisasi, Nilai-Nilai Islam, Resiliensi Akademik, Pendidikan Agama Islam. |
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
| Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | nugraha jazuli |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 05:24 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 05:24 |
| URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1592 |

