Mochammad Rizkia Fauzi, 2101024 (2025) Analisis Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Partisipasi Sholat Dzuhur Berjamaah Di MTs Asy-Syafi’iyah. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (162kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (121kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (192kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (155kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (314kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (75kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (101kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi sebagian siswa dalam pelaksanaan sholat Dzuhur berjamaah di MTs Asy-Syafi’iyah Gunung Halu, meskipun kegiatan tersebut merupakan bagian dari program pembiasaan ibadah harian di madrasah. Dalam konteks ini, peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi kunci utama dalam membentuk kebiasaan dan kesadaran spiritual siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam sholat Dzuhur berjamaah yang ditinjau dari aspek pedagogis, afektif, dan organisatoris.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari guru PAI, kepala madrasah, dan beberapa siswa.Hasil Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Asy-Syafi’iyah Gunung Halu sangat penting dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam sholat Dzuhur berjamaah. Guru tidak hanya mengajar, tetapi juga menjadi pembimbing, motivator, dan teladan melalui pendekatan emosional, keteladanan, serta evaluasi berkelanjutan. Implementasi peran ini terbukti efektif membentuk kebiasaan ibadah siswa, baik di sekolah maupun di lingkungan luar seperti rumah dan pondok. Meskipun masih ada hambatan, secara umum budaya sholat berjamaah di madrasah ini mengalami peningkatan yang signifikan berkat kontribusi aktif dan konsisten para guru.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Keywords / Katakunci: | Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Sholat Dzuhur Berjamaah, Partisipasi Siswa, MTs Asy-Syafi’iyah |
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
| Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | M. Rizkia Fauzi |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 07:54 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 07:54 |
| URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1586 |

