Strategi Guru Dalam Meningkatkan Pembelajaran Berbasis Etnopedagogi Pada Pelestarian Aksara Sunda (Penelitian Di Kelas IV - V SD Alam Qurani Cikawung)

Yunita Rahmawati, 2203038 (2025) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Pembelajaran Berbasis Etnopedagogi Pada Pelestarian Aksara Sunda (Penelitian Di Kelas IV - V SD Alam Qurani Cikawung). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (149kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam implementasi etnopedagogi guna untuk pelestarian aksara Sunda di sekolah dasar, serta mengidentifikasi kendala dan solusi yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran. Latar belakang penelitian ini adalah semakin berkurangnya minat dan kemampuan generasi muda dalam membaca serta menulis aksara Sunda yang berpotensi mengakibatkan hilangnya warisan budaya tersebut. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, dokumentasi dan wawancara. Subjek penelitian meliputi guru dan siswa Sekolah Dasar Alam Qurani. Penelitian ini menggunakan model analisis Miles & Huberman yang meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran aksara Sunda di Sekolah Dasar Alam Qurani mengintegrasikan berbagai metode seperti ceramah, tanya jawab, dan praktik menulis serta memperkaya muatan budaya melalui pengenalan cerita rakyat Sunda. Kendala utama yang dihadapi adalah keterbatasan media pembelajaran dan kesulitan siswa membedakan bentuk huruf tertentu. Guru mengatasinya dengan membuat lembar kerja sederhana, memberikan latihan berulang dan memberi contoh konkret. Temuan penelitian ini sejalan dengan teori konstruktivisme Vygotsky dan prinsip dalam etnopedagogi yang menekankan pentingnya pembelajaran berbasis konteks budaya. Implikasi penelitian ini mencakup penguatan peran guru sebagai fasilitator budaya, pengembangan media pembelajaran berbasis sumber daya lokal, serta perlunya kebijakan pendidikan yang mendukung pelestarian aksara Sunda di tingkat sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Etnopedagogi, strategi guru, aksara Sunda, konstruktivisme, pembelajaran berbasis budaya.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Rahmawati
Date Deposited: 14 Nov 2025 01:02
Last Modified: 14 Nov 2025 01:02
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1557

Actions (login required)

View Item
View Item