Implementasi Media Pembelajaran Ular Tangga Berbantuan Flashcard Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Neng Alvi Nurul Qolbiyanti, 2203010 (2025) Implementasi Media Pembelajaran Ular Tangga Berbantuan Flashcard Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (92kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar matematika siswa kelas 1, kurangnya inovasi media pembelajaran, dimana hal tersebut tidak terlepas dari minimnya keterlibatan siswa pada proses pembelajaran, yang membuat siswa kesulitan dan menganggap pelajaran matematika sangat menakutkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas 1 dengan menggunakan media pembelajaran ular tangga berbantuan flashcard. Permainan ular tangga dipilih sebagai media pembelajaran karena mampu menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, sedangkan flashcard digunakan sebagai sarana pendukung untuk memperkuat pemahaman konsep matematika secara visual dan gerak. Desain penelitian yang di lakukan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus yang berfokus pada kondisi objek alamiah, yaitu kondisi asli yang ditemukan, tanpa menarik kesimpulan berdasarkan statistik. Subjek penelitian adalah siswa kelas satu Sekolah Dasar Islam Terpadu Al- karomah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ular tangga berbantuan flashcard telah di gunakan dan dapat mengatasi peningkatan motivasi belajar siswa di kelas 1 melalui proses perencanaan yang telah dilakukan, pelaksanaan pembelajaran di kelas sehingga di ketahui hasil selama dalam proses kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa media pembelajaran ular tangga berbantuan flashcard berhasil digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar kelas satu karena kegiatan belajar matematika siswa menjadi lebih antusiasme dan efektif. Penelitian ini menunjukkan pentingnya seorang pendidik untuk memiliki inovasi dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Motivasi Belajar, Media pembelajaran Ular Tangga, Flashcard, Matematika
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NENG ALVI NURUL QOLBIYANTI
Date Deposited: 13 Nov 2025 01:54
Last Modified: 13 Nov 2025 01:54
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1556

Actions (login required)

View Item
View Item