Neng Alvi Nurul Qolbiyanti, 2203010 (2025) Implementasi Media Pembelajaran Ular Tangga Berbantuan Flashcard Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (92kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (83kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (291kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (120kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (204kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (43kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (98kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar matematika siswa kelas 1, kurangnya inovasi media pembelajaran, dimana hal tersebut tidak terlepas dari minimnya keterlibatan siswa pada proses pembelajaran, yang membuat siswa kesulitan dan menganggap pelajaran matematika sangat menakutkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas 1 dengan menggunakan media pembelajaran ular tangga berbantuan flashcard. Permainan ular tangga dipilih sebagai media pembelajaran karena mampu menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, sedangkan flashcard digunakan sebagai sarana pendukung untuk memperkuat pemahaman konsep matematika secara visual dan gerak. Desain penelitian yang di lakukan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus yang berfokus pada kondisi objek alamiah, yaitu kondisi asli yang ditemukan, tanpa menarik kesimpulan berdasarkan statistik. Subjek penelitian adalah siswa kelas satu Sekolah Dasar Islam Terpadu Al- karomah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ular tangga berbantuan flashcard telah di gunakan dan dapat mengatasi peningkatan motivasi belajar siswa di kelas 1 melalui proses perencanaan yang telah dilakukan, pelaksanaan pembelajaran di kelas sehingga di ketahui hasil selama dalam proses kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa media pembelajaran ular tangga berbantuan flashcard berhasil digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar kelas satu karena kegiatan belajar matematika siswa menjadi lebih antusiasme dan efektif. Penelitian ini menunjukkan pentingnya seorang pendidik untuk memiliki inovasi dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Keywords / Katakunci: | Motivasi Belajar, Media pembelajaran Ular Tangga, Flashcard, Matematika |
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
| Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | NENG ALVI NURUL QOLBIYANTI |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 01:54 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 01:54 |
| URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1556 |

