Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Flashcard (Di TK Mukhtarul Ummah Tahun Ajaran 2021/2022 Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat)

Yuni Nurhasanah, 1802020 (2022) Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Flashcard (Di TK Mukhtarul Ummah Tahun Ajaran 2021/2022 Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (206kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan Bahasa adalah salah satu aspek penting pada anak usia dini karena pada dasarnya setiap anak belajar berbahasa melalui proses menyimak dan mendengar, hal ini merupakan langkah awal bagi anak untuk mengetahui cara berkomunikasi atau berinteraksi baik secara verbal atau nonverbal agar anak dapat memahami bahasa, mengungkapkan bahasa dan mengenal keaksaraan. Sehingga anak dapat menyatakan pikiran, perasaan, dan keinginannya. Adapun masalah yang ditemukan dalam penelitian tindakan ini ada pada perkembangan bahasa anak yang masih perlu ditingkatkan lagi dalam capaian perkembangannya, sehingga perlu adanya rangsangan dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak dengan tujuan anak dapat mencapai perkembangan dengan baik. Maka peneliti memutuskan memilih flashcard sebagai media yang akan digunakan dalam penelitian ini untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak. Jenis penelian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pendekatannya berbentuk kualitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi dan dokumentasi, tempat pelaksanaan penelitian di sekolah TK Mukhtarul Ummah pada tahun ajaran 2021/2022 yang berlokasi di Kp. Cipanji RT 01 RW 01 Desa Cihampelas Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. Dengan sasaran penelitian pada anak usia 5-6 tahun di kelompok A dengan jumlah 13 orang anak terdiri dari 4 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Setelah melaksanakan tindakan selama dua kali siklus pertemuan diperoleh hasil yang sangat baik, yaitu pada sebelum penerapan media Flashcard atau pada pra siklus diketahui perkembangan bahasa pada anak adalah 48,71 % setelah dilaksanakan tindakan pada siklus 1 meningkat menjadi 58.98 % dan pada siklus II menjadi 92,30%. Dari hasil persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media flashcard dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun pada kelompok A di TK Mukhtarul Ummah tahun Ajaran 2021/2022. Dengan hasil yang sangat baik, maka kepala sekolah mengintruksikan kepada seluruh guru untuk tahun ajaran baru agar menerapkan media flashcard sebagai tahapan sebelum menggunakan buku baca dan untuk menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan perkembangan bahasa pada anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Perkembangan Bahasa Anak, Media Flashcard
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UPT Perpustakaan STAI Darul Falah
Date Deposited: 10 Aug 2023 18:50
Last Modified: 14 Mar 2024 03:34
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/155

Actions (login required)

View Item
View Item