Mega Nurhayati, 1802008 (2022) Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penerapan Model Make A Match. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (147kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (457kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (555kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (477kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (716kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (221kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (387kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Konsep bilangan adalah dasar matematika yang terdiri dari menghitung bilangan, menghubungkan benda, mengetahui banyaknya jumlah benda. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan melalui penerapan model Make a Match di RA Al-Karomah Desa Karangtanjung Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang terdiri dari 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelompok A di RA Al-Karomah dengan jumlah anak 12 orang yang terdiri 6 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Objek dalam penelitian ini penerapan model Make a Match dalam meningkatkan pemahaman konsep bilangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan hasil dokumentasi yang berupa foto kegiatan dan RPP. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan pada kelompok A di RA AlKaromah. Data hasil penelitian mengenal konsep bilangan penerapan Make a Match sebagai berikut Siklus I pertemuan pertama kriteria belum berkembang 33,33%. Kriteria mulai berkembang pada pertemuan pertama 58,33%, pertemuan kedua 66,67%. Kriteria berkembang sesuai harapan pertemuan pertama 8,33% dan pada pertemuan kedua menjadi 33,33%. Kriteria berkembang dengan baik tidak ada. Siklus II pada kriteria belum berkembang tidak ada. Kriteria mulai berkembang tidak ada. Kriteria berkembang sesuai harapan pertemuan pertama 75%, kemudian menjadi 41,67%. Kriteria berkembang sangat baik pada pertemuan pertama 25% , pertemuan kedua menjadi 58,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep bilangan dapat ditingkatkan dengan Make a Match.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Konsep Bilangan, Make a Match, Perkemabnagn Kognitif |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | UPT Perpustakaan STAI Darul Falah |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 18:49 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 03:04 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/154 |