Isak Farid, 2101015 (2025) Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Kelas XI SMA Muslimin Cililin. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (162kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (123kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (267kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (266kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (286kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (82kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (144kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (899kB)
Abstract
Fenomena meningkatnya intensitas bermain game online di kalangan remaja menjadi perhatian karena diduga dapat memengaruhi hasil belajar, termasuk pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas bermain game online terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XI di SMA Muslimin Cililin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatori, yang bertujuan menguji hubungan antarvariabel secara sistematis dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki intensitas bermain game online yang tinggi, terutama pada aspek dominasi pikiran, perilaku kompulsif, dan konflik sosial. Meskipun demikian, hasil belajar siswa tetap tergolong baik dengan nilai rata-rata 80,85. Analisis regresi linier sederhana menghasilkan nilai signifikansi 0,184 (> 0,05), yang berarti intensitas bermain game online tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PAI. Korelasi negatif yang sangat lemah (r = -0,118) dan koefisien determinasi sebesar 1,4% menunjukkan bahwa pengaruh game online terhadap hasil belajar sangat kecil, sedangkan 98,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti motivasi, karakter, metode pembelajaran, dan lingkungan belajar. Dengan demikian, keberhasilan belajar siswa lebih banyak ditentukan oleh pembinaan karakter serta pendampingan dari guru, orang tua, dan lingkungan sekitar dibandingkan oleh intensitas bermain game online.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Keywords / Katakunci: | Game Online, Hasil Belajar, Pendekatan Kuantitatif, Pendidikan Agama Islam, Siswa SMA |
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
| Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Isak Farid |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 08:46 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 08:46 |
| URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1530 |

