Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangani Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelas VIII MTs At-Turmudzi

Mochamad Faiz Alwi Algifari, 2101020 (2025) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangani Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelas VIII MTs At-Turmudzi. S1 Skripsi, SekolahTinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (163kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menangani kecanduan game online pada siswa kelas VIII di MTs At-Turmudzi. Kecanduan game online menjadi masalah yang memengaruhi prestasi belajar, kedisiplinan, dan kehidupan sosial siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya intensitas bermain game online yang menyebabkan penurunan fokus belajar dan pelanggaran aturan sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru PAI, kepala sekolah, guru BK/wali kelas, siswa, dan orang tua. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan faktor penyebab kecanduan antara lain kurangnya kontrol orang tua, pengaruh lingkungan, dan ketidakmampuan mengatur waktu. Strategi guru PAI meliputi pembinaan spiritual, pendekatan personal, dan penanaman nilai-nilai keagamaan. Faktor pendukung meliputi dukungan kepala sekolah, koordinasi antar guru, dan keterlibatan orang tua. Faktor penghambat mencakup rendahnya kesadaran siswa dan minimnya pengawasan keluarga. Hasil strategi menunjukkan penurunan durasi bermain, peningkatan kesadaran beragama, dan kedisiplinan belajar pada sebagian siswa, meski belum merata dan memerlukan pendampingan jangka panjang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Kecanduan Game Online, Siswa MTs
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mochamad Faiz Alwi Algifari
Date Deposited: 31 Oct 2025 04:35
Last Modified: 31 Oct 2025 04:35
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1499

Actions (login required)

View Item
View Item