Nabila Rahmah Saumi, 2101025 (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Pengetahuan Siswa Pada Materi Rukhsah Mata Pelajaran PAI. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (113kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (68kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (160kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (125kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (152kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (16kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (86kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya pengetahuan siswa pada materi rukhsah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan upaya pencarian model pembelajaran alternatif yang lebih menarik dan partisipatif. Salah satu model yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Team Games Tournament (TGT), sebagai bagian dari pembelajaran kooperatif yang bersifat interaktif dan kompetitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament terhadap pengetahuan siswa pada materi rukhsah di kelas VII SMP Negeri 1 Cihampelas, serta mengukur besaran pengaruh tersebut secara statistik. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experimental design), serta desain nonequivalent Kontrol group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen (menggunakan model TGT) dan kelas kontrol (menggunakan model konvensional). Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal, yang diujikan pada saat pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara statistik antara penggunaan model pembelajaran TGT dengan peningkatan pengetahuan siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi pada uji regresi sebesar 0,572 (> 0,05) dan nilai R Square sebesar 0,008, yang berarti hanya 0,8% variasi pengetahuan siswa dapat dijelaskan oleh model TGT, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Simpulan ini mengindikasikan bahwa model TGT kurang tepat diterapkan untuk materi konseptual religius seperti rukhsah.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Keywords / Katakunci: | Pendidikan Agama Islam, Pengetahuan Siswa, Rukhsah, Team Games Tournament. |
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
| Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Nabila Rahmah Saumi |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 09:13 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 09:13 |
| URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1490 |

