Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs Al-Mukhtariyah Mande Cihampelas-Kabupaten Bandung Barat (Penelitian pada Siswa MTs Al-Mukhtariyah Mande Cihampelas-Kabupaten Bandung Barat)

Yuli Yulianti, C1801112 (2022) Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs Al-Mukhtariyah Mande Cihampelas-Kabupaten Bandung Barat (Penelitian pada Siswa MTs Al-Mukhtariyah Mande Cihampelas-Kabupaten Bandung Barat). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (117kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Mukhtariyah Mande Cihampelas-Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini ialah penelitian bersifat kualitatif yang strateginya menggunakan strategi penemuan lapangan, kemudian pengumpulan datanya dilakukan dengan cara wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik ini digunakan peneliti karena dipandang dengan adanya suatu hal tersebut maka akan dipahami maknanya dengan baik, apabila peneliti melakukan interaksi dengan subjek penelitian dimana hal ini berlangsung. Kemudian sumber data yang pertama dalam penelitian ini ialah seluruh warga sekolah MTs Al Mukhtariyah Mande yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, tenaga pendidik lainnya dan siswa-siswi di MTs Al Mukhtariyah Mande. Berdasarkan pada penelitian kualitatif ini, maka teknik yang digunakan ialah teknik snowball sampling, dimana penelitian ini memiliki arti peneliti mencari informan yang dianggap paling menguasai permasalahan sebagai informan pertama. Informan selanjutnya diketahui menurut informasi dari informan pertama, begitu seterusnya sampai data yang dibutuhkan dianggap mencukupi. Disini peneliti menemukan fenomena bahwa siswa menjadi tidak bersemangat dan kurang memperhatikan terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam karena mereka hanya mendengarkan, sehingga banyak yang mengantuk, kemudian bermain serta bahkan ngobrol dengan temannya, sehingga tidak memperhatikan guru sejarah kebudayaan islam yang sedang menerangkan di depan kelas. Selain itu saya juga menemukan bahwa strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Mukhtariyah Mande ini masih menggunakan strategi pembelajaran yang sifatnya masih konversial dan monoton. Solusi yang diberikan atau dilakukan untuk strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Mukhtariyah Mande ini ialah dengan cara menerapkan strategi pembelajaran Inquiri, strategi pembelajaran Afektif dan strategi pembelajaran Kontekstual dalam proses pembelajarannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan STAI Darul Falah
Date Deposited: 10 Aug 2023 18:47
Last Modified: 19 Mar 2024 04:16
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item
View Item