Siti Sawwa Rahmawati Setiawan, 2202003 (2025) Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini Di TK Mukhtarul Ummah Cihampelas. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (101kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (71kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (122kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (44kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (237kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (17kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (86kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan media digital interaktif dalam pembelajaran anak usia dini untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis sejak dini. Salah satu media yang dapat dimanfaatkan adalah aplikasi Canva yang menyediakan fitur visual menarik dan mudah digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi Canva dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak usia dini di TK Mukhtarul Ummah Cihampelas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Canva dilakukan melalui kegiatan interaktif seperti mengamati, mengelompokkan, membuat karya, dan berdiskusi yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Proses ini mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak secara bertahap pada lima indikator menurut Ennis, yaitu klarifikasi dasar, memberikan alasan, menyimpulkan, mengevaluasi, serta membuat dugaan dan keterpaduan. Faktor pendukung implementasi meliputi antusias anak, kreativitas guru, dukungan sekolah, serta keterlibatan orang tua. Sedangkan faktor penghambat mencakup keterbatasan jaringan internet, perangkat, keterampilan teknologi guru, serta rasa percaya diri anak yang masih bervariasi. Dengan demikian, aplikasi Canva terbukti efektif sebagai media pembelajaran digital interaktif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak usia dini melalui pendekatan yang kontekstual, menyenangkan, dan partisipatif.
| Item Type: | Thesis (S1) | 
|---|---|
| Keywords / Katakunci: | Aplikasi Canva dan Kemampuan Berpikir Kritis | 
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works | 
| Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | 
| Depositing User: | Siti Sawwa Rahmawati Setiawan | 
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 02:21 | 
| Last Modified: | 30 Oct 2025 02:21 | 
| URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1479 | 

