Siti Rodiah, 2101039 (2025) Pengaruh Penggunaan Media Educaplay Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII (Studi Quasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Puasa di MTs Nurul Falah Cililin). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
Lampiran.pdf
Download (2MB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (26kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (171kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (103kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (120kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (8kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (62kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (938kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya penggunaan media pembelajaran interaktif yang dapat menarik minat dan keterlibatan siswa dalam proses belajar, khususnya pada mata pelajaran Fiqih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Educaplay terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Nurul Falah. Media Educaplay dipilih karena menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk aktivitas digital seperti kuis dan permainan edukatif yang dirancang untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan menyenangkan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media Educaplay dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pretest dan posttest, kemudian dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, uji-t berpasangan, regresi linear sederhana, dan perhitungan N-Gain.Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari penggunaan media Educaplay terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi uji-t sebesar 0,000, serta nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,5733 pada kelas eksperimen (kategori sedang ke tinggi), dibandingkan dengan 0,1150 pada kelas kontrol (kategori rendah). Dengan demikian, media Educaplay dapat menjadi alternatif yang efektif dalam mendukung pembelajaran Fiqih di kelas.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Keywords / Katakunci: | Educaplay, Hasil Belajar, Fiqih, |
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
| Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Siti Rodiah |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 06:07 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 06:07 |
| URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1477 |

