Laili Nabila Sapuro, P2202012 (2025) Implementasi Developmentally Appropriate Practice (DAP) dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia Dini. S1 Skripsi, Sekolahh Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (87kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (156kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (145kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (126kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (449kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (81kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (195kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (670kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan Developmentally Appropriate Practice (DAP) dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak usia dini di TK Al-Ikhlash Cikawung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis permulaan anak, terutama dalam hal meniru dan menyusun huruf secara mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan model perencanaan pembelajaran ASSURE, yang terdiri dari tahapan Analyze Learners, State Objectives, Select Methods, Media, and Materials, Utilize Media and Materials, Require Learner Participation, dan Evaluate and Revise. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru dan peserta didik kelompok A yang berusia 4–5 tahun, dengan jumlah subjek sebanyak 8 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan DAP yang dirancang dengan model ASSURE mampu meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak. Pada tahap perencanaan, guru menyusun tujuan yang sesuai dengan kebutuhan anak dan memilih media multisensori seperti kartu huruf, lembar kerja, dan tepung. Pada tahap pelaksanaan, kegiatan yang diberikan bersifat konkret, eksploratif, dan menyenangkan. Evaluasi menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor kemampuan menulis permulaan dari 59,38% menjadi 76,56% dalam tiga kali pertemuan. Dengan demikian, pendekatan DAP terbukti efektif dalam mendukung perkembangan kemampuan menulis permulaan anak usia dini.
| Item Type: | Thesis (S1) | 
|---|---|
| Keywords / Katakunci: | Developmentally Appropriate Practice (DAP), kemampuan menulis permulaan, model ASSURE | 
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works | 
| Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | 
| Depositing User: | Laili Nabila Sapuro | 
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 07:25 | 
| Last Modified: | 28 Oct 2025 07:25 | 
| URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1464 | 

