Anita Andriani, 2203002 (2025) Pengaruh Media Film Numberblock Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN Pasirbanteng. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (47kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (56kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (160kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (141kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (122kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (40kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (64kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (549kB)
Abstract
Pembelajaran matematika di kelas rendah SD kerap menghadapi kendala karena karakter materi yang abstrak dan kurangnya minat siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media film Numberblocks terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II di SDN Pasirbanteng. Penelitian ini didasarkan pada teori kognitif Piaget yang menyatakan bahwa anak berada pada tahap operasional konkret, teori multimedia Mayer yang menekankan pentingnya kombinasi visual dan auditori, serta teori belajar bermakna Ausubel. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pra-eksperimen tipe one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas II. Instrumen berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 soal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest sebesar 59,67 dan posttest sebesar 76,00, dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Nilai effect size sebesar 1,12 termasuk dalam kategori besar. Secara umum, media film Numberblocks terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Secara khusus, media ini efektif dalam membantu pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan 1–100 melalui penyajian visual dan auditori yang menarik dan sesuai dengan tahap perkembangan siswa.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Keywords / Katakunci: | Media Film Numberblock, Hasil Belajar, Matematika |
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
| Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Anita Andriani |
| Date Deposited: | 25 Oct 2025 09:07 |
| Last Modified: | 25 Oct 2025 09:07 |
| URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1386 |

